Jakarta – Istilah ‘swipe up’ di Instagram Stories mungkin tidak akan terdengar lagi. Sebab perusahaan mematikan fitur itu pada 30 Agustus 2021 mendatang.
Sebagai informasi, swipe up membuat bisnis atau pembuat konten dapat mengarahkan pengguna Instagram lain menuju ke situs web yang diinginkan. Di sana bisa informasi mengenai suatu produk, membaca artiel, mendaftar layanan atau promosi lain.
Sebagai gantinya, akan tersedia Link Sticker untuk membuka akses yang sebelumnya terletak di swipe up, dikutip Tech Crunch, Selasa (24/8/2021).
Perusahaan telah memulai uji coba Link Sticker pada beberapa pengguna mulia Juni lalu. Pada 30 Agustus, fitur itu akan dirilis lebih luas lagi.
Instagram mengatakan akan mengkonversi pengguna yang memiliki akses ada swipe-up ini untuk bisa menggunakan Sticker Link mulai 30 Agustus mendatang.
Kemampuan ini bisa digunakan oleh akun bisnis dan pembuat konten yang telah terverifikasi. Selain juga memenuhi limit batas jumlah followers yang ditentukan.
Untuk syarat terakhir pihak Instagram tidak pernah membuka jumlah. Namun menurut sebuah laporan setidaknya memiliki 10.000 pengikut.
Kehadiran Stiker Link itu telah dibocorkan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong dalam twitternya. Dia menuliskan Instagram akan menutup tautan pada swipe up.
Stiker tautan itu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan swipe up. Misalnya memiliki kontrol pada pengguna yang lebih besar untuk Stories mereka.
Seperti stiker jajak pendapat, pertanyaan dan lokasi, Link Sticker membuat kreator beralih diantar aaya yang berbeda. Mereka juga dapat meletakkan di mana saja untuk interaksi minimum.
Para pengikutnya juga bisa memberikan reaksi dan membalas postingan sama seperti Stories lain. Feedback ini sebelumnya tidak tersedia pada fitur swipe up, ungkap Instagram.
[Dexpert.co.id]
(Update dari:CNBC.com )