Jakarta – Sebagian orang mungkin tahu dan menggunakan Excel sebagai bagian dari pekerjaan. Excel jadi salah satu software spreadsheet yang paling banyak digunakan saat ini.
Excel berfungsi sebagai tempat pengolahan data, mengelola teks dan juga membuat diagram serta grafik. Data-data sederhana juga bisa dibuat dalam software tersebut.
Bagi kamu yang menggunakannya, ada 10 rumus Excel yang dapat membantu pekerjaan kamu.
Sebagai catatan, kamu harus mendahului semua rumus dengan tanda sama dengan (=) baru memilih fungsi yang akan digunakan. Setelah itu pilih kolom aau baris yang ingin menggunakan rumus tersebut.
Berikut 10 rumus Excel yang bisa kamu gunakan:
1. SUM
Rumus ini paling banyak digunakan untuk menjumlahkan angka-angka. SUM dapat digunakan untuk menambahkan data per cell, data di dalam satu range, atau data dalam beberapa range sekaligus.
2. IF
IF digunakan untuk mengembalikan suatu nilai jika ada kondisi atau pernyataan bernilai benar. Begitu juga sebaliknya, bisa menampilkan nilai apabila kondisi atau pernyataan bernilai salah.
Selain itu IF dapat digunakan pada banyak kondisi, dengan menggabungkan beberapa fungsi IF sekaligus.
3. LOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk mencari sebuah ilai data pada kolom atau suatu row. Namun LOOKUP sudah jarang digunakan karena beralih ke VLOOKUP dan HLOOKUP.
4. VLOOKUP
VLOOKUP bertugas untuk mencari nilai data pada sebuah tabel, setelah ditemukan akan menampilkan nilai di kolom yang lain dari tabel berdasarkan urutan kolom yang diinginkan. Contohnya menampilkan nomor telepon dari tabel yang berisi database perorangan.
5. MATCH
Fungsi tersebut untuk mencari nilai tertentu pada sebuah tabel. MATCH akan menghasilkan berupa nomor urutan nilai yang dicari. Sebagai contoh urutan nama buah adalah Apel, Belimbing dan Cherry, maka posisi relatif atau urutan nomor ketiga adalah Cherry.
6. CHOOSE
CHOOSE digunakan untuk memilih dan menampilkan satu nilai pada sekumpulan atau list nilai. Ini dapat berfungsi memilih 1 ilai dari sampai 254 berdasarkan nomor indeks.
Contoh jika nilai 1 hingga 7 adalah nama hari dalam seminggu, maka CHOOSE akan menampilkan salah satu hari jika menggunakan nomor 1-7.
7. DATE
DATE akan menampilkan nomor seri sekuensial dengan mempresentasikan suatu tanggal. Fungsi ini berguna jika menemukan kondisi di mana tahun, bulan dan tanggal pada cell yang terpisah.
8. DAYS
Untuk menghitung jumlah hari pada dua tanggal dapat menggunakan DAYS. Fungsi itu bisa juga digunakan untuk melakukan hitung mundur pada acara atau mengetahui masa kadaluarsa bahan makanan.
9. FIND
Fungsi FIND bisa menemukan suatu teks atau potongannya pada cell yang berisi teks panjang. FIND menghitung setiap karakter, baik byte tunggal atau ganda sebagai 1, tidak peduli apapun pengaturan bahasa defaultnya.
10. INDEX
INDEX bisa digunakan untuk mengambil atau menghasilkan nilai dari range atau tabel. Fungsi akan mengambil suatu nilai tertentu di range atau tabel sesuai dengan yang diinginkan.
Contohnya ‘Wortel’ dari list kolom sayuran {“Tomat”,”Wortel”,”Cabe”}, bisa menggunakan fungsi ini dengan cari meng-indeks lokasi nilai yang diinginkan. Untuk contoh diatas nilai ‘wortel’ adalah di kolom ke-2.
[Dexpert.co.id]
(sef/sef)