jasa website
0816627811

Tidak Cukup Marketplace, Kamu Perlu Punya Toko Online Sendiri

Jualan online bisa menggunakan toko online sendiri. Mengapa toko online? Sebetulnya jualan online bisa saja menggunakan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, Fingo. Namun Toko online sendiri bisa lebih powerfull jika Kamu bisa menjalankanya. Marketplace hanya untuk lebih memudahkan dan lebih menambah kepercayaan pembeli.

Toko online sendiri bisa dibuat sederhana. Kalau mau, toko online juga bisa dibuat agak canggih dan kompleks. Tapi untuk apa?! Itu tergantung pada target market yang dibidik oleh toko online yang kamu kelola. Buat apa canggih jika pasarnya tidak suka. Semua kembali ke pengunjung toko online. Ngomong-ngomong nih, masih banyak juga yang belum bisa belanja di marketplace, maka buatlah toko online yang lebih mudah digunakan.

Toko Online, Mengapa tidak cukup maketplace?

Website toko online sendiri sangat bermanfaat untuk menghindari perang harga, dapat membangun nama toko sendiri, mengoptimalkan promosi, dan pembayaran langsung ke rekening sendiri.

Menghindari perang harga

Perang harga terjadi di marketplace. Itu sulit sekali dibendung. Akhirnya banting harga. Margin kecil. Masih untung, tapi kecil sekali. Itulah yang terjadi pada kenyataannya di marketplace. Yang untung besar siapa? Entahlah.

- Advertisement -

Perang harga bisa dihindari jika kamu punya toko online sendiri. Apalagi kalau punya produk sendiri. Kalau punya produk eksklusif, Kamu bisa membangun komunitas reseller yang mereka berjualan di marketplace. Kamu bisa kontrol harganya.

Membangun merek sendiri

Ada merek produk yang dijual. Ada juga nama toko yang Kamu bangun namanya. Itulah pentingnya nama. Kalau mau serius lagi, Kamu bisa mendaftarkan nama produk atau nama tokomu menjadi merek.

Tidak harus begitu juga. Sebagian besar, yang penting bisa jualan dulu dengan mudah, tanpa ribet. Tapi tidak cukup di marketplace saja.

Nama toko online penting sekali dibangun. Ini menyangkut kepercayaan dan kenyamanan pembeli. Di internet juga banyak penipu yang menyamar jadi penjual online. Jika Kamu tidak sanggup bersedia membangaun kepercayaan itu, sebaiknya gunakan marketplace saja untuk berjualan online. Tentu saja dengan kelebihan dan kekurangannya.

Promosi toko online

Marketplace memang sering mempromosikan websitenya namun tidak hanya untuk bisnis kamu pribadi. Ada ribuan penjual lain dalam website marketpalce. Jika Kamu mempromosikan tokomu pada marketplace itu sama dengan Kamu mempromosilan produk toko penjual lain.

Hal ini tidak akan terjadi jika Kamu memiliki toko online sendiri. Kamu hanya mengiklankan website dan produk Kamu sendiri sehingga pembeli tidak beralih ke penjual lain.

Pembayaran langsung

Jika Kamu memiliki toko online sendiri maka Kamu akan langsung menerima pembayaran dari pembali, kemudian pesanan baru Kamu kirimkan. Namun jika jualannya di marketplace maka Kamu harus mengirim barang terlebih dahulu sehingga resiko pengiriman harus Kamu tanggung sendiri. Tentunya pihak marketplace tidak akan mau menanggung kerugian Kamu.

Uangmu yang tersimpan di marketplace akan ditransfer ke rekeningmu setelah paket produk sampai ke tangan pembeli tanpa komplain.

Kelola toko online-mu sendiri

Memiliki toko online dengan domain sendiri dapat membangun brand toko online Kamu untuk jangka panjang. Kamu juga bisa mencantumkan toko online pribadi Kamu pada keterangan lapak marketplace Kamu dan membangun BRAND toko online sendiri.

Kamu bisa mengatur toko online Kamu sehingga omset Kamu dapat lebih meningkat dibandingkan hanya berjualan di Marketplace.

- Advertisement -

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.