Jakarta, Dexpert.co.id – Media sosial seperti Instagram mengandalkan algoritma untuk menyajikan konten yang sesuai dengan minat pengguna.
Namun, algoritma media sosial kerap membuat pengguna mendapat konten yang itu-itu saja. Pengguna selama ini tak bisa memilih atau mengatur ulang algoritma yang sudah disediakan oleh Instagram.
Terbaru, perusahaan media sosial milik Meta itu dilaporkan sedang menguji fitur “Reset Recommendations”, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang saran algoritma untuk Feed, Reels, dan Explore.
Dengan perubahan tersebut, pengguna dapat mengatur ulang konten yang disarankan dari bagian preferensi konten di pengaturan Instagram.
Menurut Meta, hal ini akan memungkinkan pengguna “memulai dari awal” dan memberikan kesempatan untuk menyetel ulang saran pada aplikasi Instagram.
Fitur baru itu nantinya tidak akan menghapus akun yang diikuti, melainkan hanya menghapus data yang digunakan untuk memahami minat pengguna.
Meski masih dalam tahap uji coba, dalam waktu dekat fitur akan diluncurkan ke pengguna secara global.
Meta menyebut perubahan ini sebagai bagian dari upayanya menghadirkan fitur keamanan baru untuk pengguna remaja, meskipun fitur tersebut akan tersedia untuk semua pengguna.
“Kami ingin memberikan remaja cara-cara baru untuk membentuk pengalaman Instagram mereka, sehingga dapat terus mencerminkan hasrat dan minat mereka saat mereka berkembang,” tulis perusahaan dalam postingan blog, Jumat (29/11/2024).
Aplikasi ini sebelumnya menghadapi kritik atas rekomendasi algoritma kepada pengguna, yang menurut regulator Uni Eropa dapat mendorong “perilaku adiktif”.
Perusahaan mencatat bahwa mereka memiliki fitur khusus remaja lainnya yang dimaksudkan untuk mencegah pengguna muda ketagihan.
(fab/fab)