Jakarta – Tokopedia akhir berhasil menggeser Shopee sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Ini merupakan hasil riset dari iPrice, yang secara berkala merilis laporan mendalam tentang e-commerce dan startup.
Dalam laporan Peta E-Commerce Indonesia, pada kuartal II-2021 jumlah pengunjung web bulanan Tokopedia mencapai 147,79 juta mengalahkan Shopee yang mencapai 126,997 juta pengunjung web bulanan.
Ini kali pertamanya sejak kuartal IV-2019 Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Posisi bergengsi ini sempat diduduki Tokopedia sejak kuartal IV-2018 hingga kuartal III-2019. Setelahnya posisi ini direbut Shopee dari Tokopedia.
Meski begitu peringkat di dua toko aplikasi milik Google dan Apple masih kalah dari Shopee. Tokopedia berada di urutan 2 di App Store dan ranking ke-4 Play Store, dikutip dari laman iPrice, Selasa (21/9/2021).
Foto: Peta E-Commerce di Indonesia Kuartal II-2021 (Doc. iPrice)
|
Sementara itu Shopee menduduki peringkat pertama baik di App Store dan juga PlayStore. Sedangkan untuk pengunjung web bulanan perusahaan berbasis di Singapura ini memang masih di bawah Tokopedia yaitu sebanyak 126.996.700.
Namun iPrice mengungkapkan hanya Tokopedia dan Shopee yang memiliki pengunjung bulanannya di atas 100 juta. Tidak ada yang mendekati capaian dua e-Commerce itu bahkan dalam peringkat 10 besarnya.
e-Commerce lain tercatat hanya memiliki di bawah 30 juta untuk pengunjung web bulanan. Sebut saja Bukalapak dengan 29.490.000 dan Lazada dengan 27.670.000 pengunjung. Sementara Blibli menutup lima besar dengan pengunjung sebanyak 18.440.000.
e-Commerce elektronik, Bhinneka berada di bawah Blibli dengan 6.996.700 pengunjung web bulanan. Lalu Orami dan Ralali menyusul di belakangnya 6.260.000 serta 5.123.300 pengunjung.
Berbagi di urutan ke-9 dan ke-10 ada JD.id serta Zalora. JD.id sebanyak 3.763.300 lalu Zalora dengan 3.366.700 pengunjung.
[Dexpert.co.id]
(Update dari:CNBC.com )